cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2015): GEMAWISATA MEI 2015" : 4 Documents clear
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KEDAI SOP SAPI TALLENZ DI SEMARANG Hujianto, Laksono
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 12, No 1 (2015): GEMAWISATA MEI 2015
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemasaran merupakan suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial. Produk atau jasa yang bisa memuaskan adalah produk atau jasa yang sanggup memberikan sesuatu yang dicari konsumen pada tingkat cukup. Konsumen yang puas cenderung untuk mengkonsumsi produk atau jasa tersebut berulang kali. Jadi kepuasan merupakan fungsi dari kesan terhadap kualitas produk yang disajikan, harga yang diberikan, tempat yang disediakan serta bentuk promosi yang ditawarkan oleh tempat usaha tersebut. Upaya memuaskan pelanggan adalah pengalaman panjang yang tidak mengenal batas akhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen di kedai sop sapi Tallenz Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi korelasi dan metode analisis dilakukan dengan mengumpulkan semua data yang ada dari hasil observasi, kuesioner, dan wawancara dengan konsumen. Serta pengumpulan data kedua dengan melalui perpustakaan dan internet. Dari tujuh aspek dalam bauran pemasaran, ada 2 aspek yaitu aspek harga (price) dan produk (product) yang mendapat respon tertinggi dari para pelanggan, serta aspek promosi (promotion) yang mendapat respon terendah. Ketiga aspek tersebut diuraikan dalam 4 pernyataan , sehubungan dengan pengaruhnya kepada kepuasan pelanggan, yaitu : harga sesuai dengan kualitas produk, produk yang ditawarkan variatif, kualitas produk memuaskan, dan promosi yang ditawarkan variatif. Keempat pernyataan inilah yang disimpulkan sebagai faktor-faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan. Hubungan dan pengaruh Bauran Pemasaran 7P terhadap Kepuasan Pelanggan di kedai sop Talens, berdasarkan hasil korelasi yang di dapat, yaitu 0.533 menunjukan bahwa hubungan korelasi kuat antara variable X (Bauran Pemasaran 7P) dengan variable Y (Kepuasan Pelanggan). Bauran Pemasaran 7P berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan di Sop sapi Talens sebesar 28%. Sedangkan sisanya sebesar 72% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
PENGEMBANGAN DESTINASI DESA WISATA KAMPUNG KEJI SEBAGAI ATRAKSI WISATA GUNA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN SEMARANG Suwarti, Suwarti
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 12, No 1 (2015): GEMAWISATA MEI 2015
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pengembangan Destinasi  Desa Wisata Kampung Keji  Sebagai Atraksi Wisata  Guna Meningkatkan Jumlah Kunjungan  Wisatawan  Di Kabupaten  Semarang.Berdasarkan hasil penelitian  yang saya lakukan menemukan kritik dan saran dari kunjungan wisatawan cukub baik dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan  yang di lakukan meliputi pengembangan komponen produk wisata meliputi  : Atraksi, Aktivitas, Aksesbilitas, Amenitas adalah sebagai berikut :Berdasarkan Hasil dari analisis yang saya peroleh di Desa Wisata Kampung Keji  menjadi pandangan untuk pengembangan Destinasi, dalam hal ini sangat dibutuhkan mengingat Desa Wisata Kampung Keji Kabupaten Semarang merupakan salah satu  destinasi  yang memiliki daya tarik wisata tersendiri yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawa nusantara,  dengan adanya pengembangan ini di harapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Desa Wisata Kampung Keji di Kabupaten SemarangKata kunci : Pengembangan Destinasi Desa Wisata Kampung Keji, Kunjungan wisatawan
KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMELIHARA KOMPLEKS PERCANDIAN DIENG UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA DI WILAYAH WONOSOBO Pramusinto, Edipeni; Wahono, Sri Mulyani; Hutomo, Rubyah
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 12, No 1 (2015): GEMAWISATA MEI 2015
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wilayah Wonosobo merupakan daerah wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan sejak zaman penjajahan Belanda hingga sekarang. Salah satu penyebab wisatawan tertarik berwisata ke wilayah ini adalah karena faktor ketersediaan destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, di antaranya adalah adanya kompleks percandian Dieng yang termasuk dalam destinasi wisata sejarah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masyarakat memelihara dan menjadikan kompleks percandian menarik, sehingga banyak dikunjungi wisatawan, yang kemudian dapat meningkatkan taraf hidup mereka.            Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif interaktif. Sasaran penelitian adalah dokumen tentang destinasi-destinasi wisata; selain itu juga para praktisi pariwisata di wilayah Wonosobo. Data dikumpulkan melalui survey, pengamatan dan wawancara mendalam. Data yang telah dikumpulkan diinterpretasi untuk ditarik kesimpulan.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika tahun 2014 yang lalu tren wisata Dieng lebih cenderung ke Sunrise, di tahun 2015 candi Arjuna Dieng menjadi lebih popular. Faktor utama yang menyebabkan banyaknya wisatawan yang datang mengunjungi destinasi ini adalah karena letak candi Arjuna Dieng yang strategis dan mudah dijangkau. Faktor lain, karena lokasi ini sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan pertunjukan mengenaievent-event budaya dan seni terutama festival budaya Dieng
PROFIL PROFESIONALISME KERJA BARTENDER DI STAR HOTEL SEMARANG Koestanto, Djoko
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 12, No 1 (2015): GEMAWISATA MEI 2015
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Star Hotel Semarang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme kerja bartender, kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh bartender dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan sejauh mana peranan bartender dalam meningkatkan kepuasan tamu di Sky Pool Bar Star Hotel Semarang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Standar operasional kerja bartender di Sky Pool Bar Star Hotel Semarang harus menguasai basic beverage knowledge, kendala yang dihadapi bartender keterbatasan karyawan serta keterbatasan peralatan dan bahan yang mempengaruhi kegiatan operasional serta Peranan bartender terhadap tingkat kepuasan tamu di Sky Pool Bar Star Hotel Semarang dengan pelayanan dan kualitas minuman yang diberikan kepada tamu

Page 1 of 1 | Total Record : 4